5 Aktivitas Menarik Ini Bikin Kamu Tidak Lagi Bosan Mengunjungi Candi Borobudur

Wisata ke Jawa Tengah memang selalu identik dengan candi Borobudur. Bagi Kamu yang memang ingin menikmati akhir pekan atau libur panjang, mengunjungi candi yang dibangun pada pemerintahan Dinasti Syailendra ini bisa dijadikan pilihan. Sayangnya, banyak wisatawan yang jenuh dengan memandangi onggakan batu yang tersusun dengan sangat rapi hingga membantuk situs warisan budaya yang sangat menakjubkan tersebut. 

Kini Kamu tidak perlu khawatir lagi, sebab banyak hal menarik dan mengesankan yang pastinya bakalan Kamu rasakan selama berwisata di candi Borobudur. Di jamin, Kamu tidak akan pernah bosan karena kegiatan ini tidak hanya melulu menapaki tangga demi tangga yang sangat tinggi untuk bisa mencapai bagian paling ujung dari sebuah candi. Namun, lebih kepada bagaimana Kamu bisa mengeksplorasi secara mendalam akan pesona indah di sekitarnya.

Ragam aktivitas menarik di kawasan candi Borobudur

Bagaimana? Masih mengurungkan niat untuk singgah di situs warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO pada 1991 silam? Kini saatnya Kamu bergegas untuk segera tiba di candi Borobudur. Pasalnya, berbagai aktivitas menarik akan membuat liburan Kamu menjadi lebih berkesan dan pastinya tidak terlupakan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Kamu lakukan di candi yang dibangun sekitar abad ke-8.

1. Menikmati pesona bukit menoreh

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Kamu nikmati selama berada di kawasan candi Borobudur adalah dengan melihat betapa indahnya deretan bukit Menoreh. Sebuah perbukitan yang sangat hijau ini menawarkan pemandangan epic yang sangat menakjubkan dan pastinya akan memanjakan mata Kamu dengan pesonanya. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen terbaik di sini.

2. Memberi makan gajah

Tidak kalah seru, Kamu yang sedang mengunjungi candi Borobudur bisa menikmati aktivitas menarik lain seperti halnya memberi makan gajah. Sangat cocok untuk Kamu yang datang bersama si kecil. Keseluruhan gajak di lokasi tersebut merupakan hibah yang berasal dari Taman Nasional Way Kambas pada 1999, dari Presiden Soeharto tahun 1991 dan BKSDA tahun 2012 silam.

3. Menikmati keindahan museum kapal Samudra Raksa

Paling seru jika Kamu berkunjung ke candi Borobudur menyempatkan diri untuk singgah di museum Samudra Raksa yang pastinya tidak kalah menarik dan mengesankan. Di sana, Kamu akan berkesempatan menikmati sajian sinema interaktif berbagai tokoh seperti Mpu Sindok, Panangkaran, Raka, Gunadharma hingga Gajah Mada. Untuk menikmati sinema interaktif ini, Kamu dikenakan biaya sebesar Rp 25.000,-.

4. Mengunjungi Museum Karmawibhangga

Selama berkunjung ke candi Borobudur, Kamu juga bisa menyempatkan diri mengunjungi Museum Karmawibhangga yang akan menawarkan suatu pemandangan atas ratusan blok Candi yang sudah terlepas. Di sini, Kamu akan disuguhkan dengan sebuah dokumentasi yang menggambarkan adanya pemugaran yang dilakukan secara besar-besaran tepatnya pada 1982 yang dibantu oleh UNESCO.

5. Berfoto di antara stupa

Kawasan candi Borobudur memang terkenal dengan adanya stupa yang sangat indah dan berjumlah cukup banyak. Sembari menghabiskan waktu di lokasi yang penuh dengan stupa ini, Kamu bisa mengambil beberapa jepretan foto yang akan membuat liburan Kamu semakin berkesan dan pastinya tidak terlupakan. 

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Kamu lakukan di candi Borobudur dan tentunya hal ini tidak sebatas menaiki tangga hingga mencapai puncak candi. Kamu bisa berfoto, memberi makan gajah hingga mengunjungi museum yang akan memberikan pengetahuan baru mengenai seluk beluk candi yang memiliki sejarah sangat panjang dan sempat menjadi saksi bisu atas perkembangan peradaban di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *