Adu Nyali Di 4 Wisata Pantai Jogja Yang Mengandung Unsur Mistis Di Dalamnya

Yogyakarta merupakan sebuah wilayah di Jawa Tengah yang sangat sarat dengan budaya Jawanya. Tidak mengherankan jika masyarakatnya sebagian besar juga mengenal dengan betul budaya Jawa itu sendiri dan menjadikannya sebagai pedoman dalam menjalankan hidup bermasyarakat. Terlepas dengan kentalnya budaya Jawa, siapa sangka di Yogyakarta juga memiliki beberapa wisata pantai Jogja yang terkenal mistis.

Sekalipun beberapa wisata pantai Jogja tersebut memiliki segudang cerita mistis di dalamnya, keindahan pantai dan deburan ombak yang memecah kesunyian tidak menyurutkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk singgah dan menikmati keindahan di dalamnya. Sekalipun demikian, tindak tanduk serta tutur kata harus dijaga dengan baik sehingga tidak akan menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan.

Lantas, mana saja wisata pantai Jogja yang sarat akan cerita mistis?

Lebih lanjut, mengenai wisata pantai Jogja yang memiliki cerita mistis di dalamnya tersebut bisa Kamu temukan dengan mudah. Bahkan beberapa wisatawan sudah mengenal langsung beberapa pantai tersebut dan tidak pernah terdengar kata sepi pengunjung ketika banyak orang tahu kalau pantai tersebut sangat menakutkan. Langsung saja, berikut beberapa pantai di Yogyakarta yang memiliki unsur mistis di dalamnya.

1. Pantai Baron

Berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, wisata pantai Jogja yang satu ini ternyata sebelumnya digunakan sebagai pelabuhan bagi Belanda di zaman penjajahan. Kondisi geologi pantai dengan bibir pantai yang pendek ini sering kali dijadikan sebagai ritual untuk lelarung sesaji. 

Selain itu, pantai yang dikelilingi oleh tebing tersebut memiliki kepercayaan sebagai penghubung dengan Penguasa Laut Selatan. Bahkan, diungkapkan oleh warga jika di wisata pantai Jogja ini terkadang terlihat sebuah harimau sangat besar. Namun demikian, kebenaran cerita tersebut masih dipertanyakan hingga kini.

2. Pantai Jungwok

Tidak kalah mengerikan lagi, wisata pantai Jogja yang juga terkenal dengan nilai mistis di dalamnya adalah Pantai Jungwok. Sebuah pantai yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta ini sempat heboh di media masa atas adanya kasus Sapto Widodo yang konon hilang diterpa oleh ombak. Sekalipun demikian, di pantai yang terbilang masih sangat sepi peminat ini, banyak dari wisatawan yang datang dan memutuskan untuk bermalam dengan mendirikan tenda. Atas kasus tersebut, tidak mengherankan jika pantai tersebut dianggap angker.

3. Pantai Parangtritis

Untuk pantai yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi nilai mistis di dalamnya. dengan kata lain, disebutkan bahwa wisata pantai Jogja yang dikenal dengan nama Pantai Parangtritis memiliki kepercayaan yang erat sebagai pintu gerbang dari dunia lain yang menghantarkan kepada Nyi Roro Kidul. 

Tidak tanggung-tanggung, penjaga pantai sempat melarang mengenakan pakaian hijau karena mitos yang berkembang atas kemiripan warna pakaian Nyi Roro Kidul hingga membuat orang yang bersangkutan dinobatkan menjadi budak dan tidak akan pernah kembali lagi. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang masih saja menjadikan wisata pantai Jogja ini sebagai rekomendasi akhir pekan.

4. Pantai Parangkusumo

Sama halnya dengan wisata pantai Jogja yaitu Pantai Parangtritis, disebutkan jika Pantai Parangkusumo juga menjadi gerbang masuk dunia lain Nyi Roro Kidul. Unsur mistis di dalamnya juga ditandai dengan deburan ombak sangat besar yang menjadikan pantai di kabupaten Bantul, Yogyakarta tersebut dilarang untuk digunakan dalam aktivitas berenang.

Itulah beberapa wisata pantai Jogja yang terkenal dengan cerita mistis. Sekalipun banyak masyarakat yang mempercayai hal tersebut, namun hal ini tidak menyurutkan keinginan wisatawan yang ingin menikmati berbagai pemandangan indah di dalamnya. Untuk menjaga keselamatan selama berwisata di pantai penuh mistis ini, Kamu disarankan tidak boleh clometan ataupun berperilaku yang tidak baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *