Melongok Kereta Kencana Para Sultan Yogyakarta

oleh: Detik Travel

http://images.detik.com/customthumb/2012/06/13/1025/img_20120613084329_4fd7f041437c1.jpg?w=600
Kereta Kanjeng Nyai Jimat di Museum Kereta Keraton Yogyakarta (panduanwisata.com)

Di komplek Ndalem Keraton Ngayogyakarta, terdapat museum yang memajang koleksi kereta kuda. Adalah Museum Kereta Keraton Yogyakarta, yang berisi koleksi alat transportasi Sultan lintas generasi.

Kereta kuda erat hubungannya dengan Kasultanan, baik itu Yogyakarta maupun Surakarta. Lintas generasi, kereta kuda menjadi moda transportasi utama keluarga Kasultanan, baik untuk kepentingan pribadi maupun Keraton.

Masih berada di komplek Ndalem Keraton Ngayogyakarta di Kota Yogya, DIY, terdapat sebuah museum berisi kereta-kereta yang dulu digunakan oleh para Sultan. Namanya Museum Kereta Keraton Yogyakarta, yang bisa dimasuki wisatawan untuk mendalami sejarah dan keistimewaan sebuah kereta kencana.

Mengutip buku resmi Pariwisata Indonesia pada Rabu (13/6/2012), ada 23 kereta kencana yang jadi koleksi museum ini. Kereta itu dibagi jadi tiga jenis. Pertama adalah kereta atap terbuka dan beroda dua; kedua adalah kereta atap terbuka dan beroda empat; ketiga adalah kereta atap tertutup dan beroda empat.

Masing-masing jenis menentukan fungsi dan penggunaannya. Jenis pertama digunakan oleh Sultan untuk rekreasi, sementara jenis kedua digunakan oleh para pengawal Sultan atau komandan prajurit Keraton. Jenis ketiga adalah kereta khusus Sultan dan keluarganya.

Beberapa kereta kencana masih digunakan dalam upacara-upacara kebesaran Keraton. Namun, beberapa sudah tak pernah digunakan lagi karena faktor usia.

Sebagai pusaka Keraton, kereta-kereta tersebut dimandikan dan “diberi makan” berupa sesajen. Ritual ini bernama Jamasan, yang selalu jatuh pada Selasa atau Jumat Kliwon pertama di bulan Suro (bulan pertama dalam kalender Jawa).

Beberapa kereta kencana yang bisa dilihat di museum ini adalah Kereta Kanjeng Nyai Jimat, Kereta Modro Juwolo, Kereta Kyai Manik Retno, dan Kereta Garudo Yeksa. Penamaan masing-masing kereta kuda dilakukan oleh orang Jawa, berdasar kepercayaan terhadap roh sebuah benda.

Berkunjung ke Museum Kereta Keraton Yogyakarta akan membawa Anda menelusuri perjalanan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sejarah Kasultanan adalah salah satu magnet terkuat bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogya.

sumber: http://travel.detik.com/read/2012/06/13/084443/1939888/1025/melongok-kereta-kencana-para-sultan-yogyakarta

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *