Road To Heritage edisi I 2012

 

Kegiatan “Road to Heritage” merupakan salah satu bentuk apresiasi dalam memperingati Hari Purbakala yang jatuh pada setiap tanggal 14 Juni, dan tahun 2012 ini genap 99 tahun. Sampai saat ini kesadaran akan pentingnya pengelolaan situs arkeologi masih menjadi salah satu upaya dari berbagai elemen masyarakat baik dari pemerintah maupun swasta untuk menumbuhkan rasa sadar, mencintai, merawat, dan mengapresiasi tinggalan arkeologis di masyarakat.

Road to heritage pada bulan ini memilih objek Candi dalam pengenalan heritage kepada masyarakat. Hal ini bertumpu pada kenyataan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota yang sarat dengan nilai sejarah dan budaya. Identitas tersebut ditandai dengan banyaknya Benda Cagar Budaya (BCB) di Yogyakarta khususnya sebaran situs klasik yang berupa percandian baik yang memiliki latar belakang Hindu maupun Budha. Kehadiran BCB khususnya tinggalan pada masa klasik (Hindu – Budha) ditengah masyarakat saat ini seolah tidak disadari makna dan fungsinya secara menyeluruh. Ketidak mengertian akan adanya tinggalan budaya tersebut, menyebabkan masyarakat menjadi terasing dari nilai-nilai sejarah – budayanya sendiri. Selaras dengan permasalahan tersebut, maka pengenalan terhadap nilai-nilai dan kebudayaan tersbut sangat penting sekali, sehingga pemahaman mengenai arti penting dari BCB tidak asing lagi dimasyarat.

Berkaca terhadap berabagai permasalahan tersebut, maka Yayasan Arupadhatu Indonesia dan reSMILE rental berinisiatif untuk turut serta dalam upaya pengenalan heritage kepada masyarakat khususnya yang berdomisili di JATENG – DIY untuk turut serta dalam kegiatan road to heritage yang akan diselenggarakan pada hari minggu tanggal 24 Juni 2012. Kegiatan ini bersifat terbuka dan untuk masyarakat umum.

 

Rute dan obyek kegiatan ini adalah :

  1. CANDI SAMBISARI
  2. CANDI KEDULAN
  3. CANDI SARI
  4. CANDI IJO
  5. CANDI BANYUNIBO
  6. CANDI BARONG

 

Info :

  1. Lokasi berkumpul: di depan BUNDERAN UGM sisi barat
  2. Pukul: 07.00 wib – 08.00 wib
  3. Menuju lokasi: 08.00 wib

 

Perlengkapan Pribadi Peserta selama ROAD TO HERITAGE

– Armada dan kelengkapannya, Motor  : helm, rain coat, masker pelindung, dll

  1. Pelindung Kepala: topi, payung, dst
  2. Konsumsi: peserta membawa sendiri konsumsi/bekal (bebas)
  3. Air mineral: secukupnya saja, panitia akan menyediakan air mineral
  4. Uang sebesar 50rb: untuk bbm kendaraan masing-masing dan untuk ticketing

 

Untuk informasi lebih lanjut

  • Mobile  : 083877895227(adit) 085740164999(aji)
  • Pin          : 2262af38

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *