Destinasi Wisata di Jogja Bertema Budaya yang Wajib Anda Kunjungi

wisata di Jogja

Wisata di Jogja – Menyajikan beragam jenis wisata termasuk salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah wisata budaya di Jogja. Sebagai kota budaya yang masih sangat kental dengan budaya Jawanya menjadikan Jogya memiliki banyak destinasi wisata budaya yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Jogja. Pastinya wisata di Jogja tersebut akan membuat jalan-jalan Anda di Jogja semakin berkesan dan menyenangkan.

Daftar Wisata Budaya di Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang dipimpin oleh seorang Sultan. Hal tersebut membuat nuansa budaya di setiap sudut Jogja masih terasa sangat kental bahkan akan membuat siapa saja merasa damai dan tenang. Selain tata kotanya yang masih terkesan tradisional, Jogja juga memiliki kegiatan seni dan budaya. Dimana kegiatan tersebut masih rutin diselenggarakan baik dalam agenda harian maupun tahunan.

Bagi Anda yang penasaran dengan wisata di Jogja berupa wisata budaya sebaiknya silahkan sempatkan waktu saat berkeliling di Jogja. Anda bisa menyaksikan wisata budaya tersebut dalam bentuk pagelaran seni diatas panggung maupun di tempat wisata di Jogja yang khusus menyajikan wisata budaya. Berikut ini akan dijelaskan daftar destinasi wisata di Jogja berupa wisata budaya yang perlu Anda ketahui.

1. Menyaksikan Proses Melukis Wayang

Wayang sudah menjadi salah satu kesenian yang populer di Indonesia. bagi Anda yang penasaran dengan pembuatan wayang, silahkan saja datang ke Rumah Tembi yang berada di Jalan Parangtritis KM 8.4, Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di tempat inilah Anda bisa menyaksikan secara langsung proses melukis wayang pada hari  Rabu mulai dari pukul 10.00-15.00 WIB. Para pengrajin di Rumah Tembi ini akan melakukan demo untuk melukis wayang dan bsia disaksikan oleh para pengunjung. Tak hanya itu, para pengujung juga bisa mendengarkan cerita dari para tokoh yang sedang mengerjakan melukis wayang tersebut. Melalui kegiatan ini Anda bisa menambah wawasan budaya sambil berlibur. Bahkan berkunjung ke Rumah Tembi ini juga tidak dipungut biaya.

2. Tari Klasik di Keraton

Tak lengkap rasanya jika ke Jogja tidak mengunjungi keratin Yogyakarta. Selain menjadi Istana Kesultanan, Keraton Yogyakarta menjadi tempat tinggal Sultan beserta seluruh keluarganya. Pengunjung keraton tak hanya bisa menyaksikan keindahan arsitektur bangunan keraton beserta peninggalan zaman kerajaan terdahulu tetapi juga bisa menyaksikan kegiatan pertunjukan seni serta budaya di dalam keraton. Tetapi pertunjukan seni dan budaya tersebut hanya diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu saja. oleh karena itu jika Anda penasaran dengan wisata di Jogja yang satu ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu jadwal pertunjukan seni dan budaya tersebut. Untuk pertunjukkan tari klasik biasanya diselenggarakan pada hari Minggu jam 10-12 siang. Pertunjukan tari klasik tersebut juga diiringi dengan alunan musik tradisional yang dijamin akan membuat Anda terpukau. Tak perlu khawatir untuk masalah tiket, karena untuk menyaksikan tari klasik tersebut pengunjung tidak dipungut biaya melainkan hanya membayar biaya tiket masuk ke dalam keraton Jogja.

3. Demo Jamas Keris

Satu lagi wisata di Jogja yang kental dengan nilai budaya yaitu demo Jamas Keris yang merupakan kegiatan untuk memandikan keris sebagai benda pusaka. Bagi Anda yang penasaran dengan demo Jamas Keris silahkan datang ke Pendopo Tembi Rumah Budaya pada hari Jumlah tepatnya pukul 10.00-15.00 WIB. Tetatpi biasanya keris-keris dan benda pusaka lainnya hanya dimandikan ketika bukan Suro sesuai penanggalan kalender Jawa. Tetapi adanya demo memandikan keris ini diharapkan bisa sebagai sarana memperkenalkan ritual budaya bagi para wisatawan maupun masyarakat yang selama ini mungkin masih belum banyak yang tahu degan ritual tersebut.

4. Pentas Sendratari Ramayana

Bagi Anda yang mengunjungi wisata di Jogja yaitu Candi Prambanan sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pentas Sendratari Ramayana. Dimana pertunjukan tersebut dilakukan di panggung Trimurti dengan latar belakang Candi Prambanan yang megah. Panggung Trimurti ini merupakan panggung terbuka yang biasanya dipakai pada musim kemarau. Tetapi jika musim penghujan tiba, pertunjukan akan dialihkan ke panggung yang tertutup. Pertunjukan Sendratari Ramayana ini pantas dikagumi karena memadukan drama, tarian dan musik. Sedangkan alur ceritanya mengisahkan tentang Ramayana dan Dewi Sinta, Rahwana dan Anoman. Bagi Anda yang tertarik dengan sendratari ini silahkan datang pada pukul 19.30-21.30 WIB karena pertunjukan tersebut juga dilakukan setiap hari.

5. Ketoprak

Wisata di Jogja lainnya yang tak kalah seru menyajikan wisata budaya adalag pementasan ketoprak. Wisata budaya yang satu ini biasanya diselenggarakan di Auditorium RRI  yang beralamat di Jalan Affandi / Jalan Gejayan, Yogyakarta. Untuk jadwal pementasan hanya dilakukan pada hari Senin pertama setiap bulannya mulai pukul 20.00-24.00 WIB. Dalam pertunjukan ketoprak ini akan siguhkan teater tradisional Jawa dengan memadukan antara musik gamelan dengan drama Jawa. Sedangkan kisah yang diceritakan dalam ketoprak tersebut merupakan cerita legenda atau lainnya.

6. Museum Sonobudoyo

Museum yang satu ini merupakan museum yang memiliki nilai budaya yang tinggi karena terdapat koleksi keris yang berasal dari seluruh nusantara. Selain itu juga terdapat benda-benda sejarah lainnya yang bisa menambah wawasan Anda. Terdapat sekitar 1200 keris di dalam museum ini yang bisa disaksikan oleh para pengunjung. Bagi Anda yang penasaran silahkan datang ke museum Sonobudoyo yang berada di seberang alun-alun Utara Yogyakarta.

Daftar wisata budaya yang telah dijelaskan diatas merupakan bagian dari wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi. Bagi Anda yang penasaran ingin mendatangi masing-masing wisata budaya tersebut sebaiknya gunakan saja rental motor Jogja. Karena dengan menggunakan jasa rental motor Jogja Anda bisa dengan mudah dan cepat mengunjungi wisata di Jogja termasuk wisata budaya yang dijamin seru dan berkesan. Dengan begitu Anda tak perlu ragu jika ingin berkeliling Jogja karena rental motor Jogja siap menemani perjalanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>