Fakta Menarik Di Balik Megahnya Candi Prambanan Yang Jarang Terekspose

Banyak hal unik dan menarik untuk dinikmati bagi Kamu yang memang sedang berwisata ke Jawa Tengah. Selain Borobudur yang terkenal dengan kemegahannya, Candi Prambanan juga memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih lagi dengan mencuatnya cerita Roro Jonggrang menjadikan candi yang sangat mengagumkan ini berhasil menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kini saatnya, Kamu yang suka traveling mengetahui seluk beluk fakta yang mengejukan di dalamnya.

Hingga kini, masyarakat hanya sebatas tahu jika kemunculan Candi Prambanan ini juga berawal dari cerita rakyat yang mengisahkan percintaan antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Kegagalan Bandung Bondowoso dalam menikahi Roro Jonggrang menjadikan amarah yang tidak bertepi hingga Roro Jonggrangpun akhirnya dikutuk untuk menjadi patung yang keseribu. Nyatanya, jumlah patung di situs sejarah tersebut kurang dari 1000 atau sekitar 249 buah saja. Sekalipun demikian, itu adalah angka yang cukup banyak.

Fakta apa saja di balik berdirinya Candi Prambanan?

Banyak wisatawan yang hanya datang dan pergi untuk sekedar berfoto atau menjelajahi berbagai kawasan Prambanan itu saja. Padahal, banyak sekali fakta unik sekaligus mengagumkan yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Jadi, pastikan Kamu menyempatkan diri untuk belajar juga sehingga agenda wisata Kamu semakin bermanfaat. Lebih lanjut, berikut beberapa fakta seputar Candi Prambanan yang perlu Kamu ketahui.

1. Prambanan bukanlah nama asli

Apakah Kamu terkejut mendengar fakta yang pertama ini? Betul, nama Prambanan bukanlah nama asli yang kemudian disematkan pada kata candi sehingga menjadi Candi Prambanan. Disebutkan bahwa pada zaman dahulu, situs sejarah yang sangat megah ini dikenal dengan nama Siwagrha yang merupakan bahasa Sansekerta dengan arti yaitu Rumah Siwa. Dinamai demikian karena sosok dewa Siwa dianggap sangat istimewa bagi masyarakat zaman dahulu.

2. Memiliki desain menyerupai gunung Semeru

Tidak kalah mengejutkan lagi, ternyata Candi Prambanan ini juga memiliki desain layaknya gunung Semeru. Alasan di balik desain tersebut diungkapkan oleh para ahli bahwa masyarakat zaman dahulu menganggap jika puncak Mahameru tersebut merupakan rumah bagi dewa. Selain itu, bagian dari candi juga dibuat dengan merujuk pada pola alam semesta yang dimiliki oleh suatu kosmologi Hindu kuno.

3. Terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana

Di setiap dinding Candi Prambanan terdapat banyak sekali relief yang sangat indah dan mengagumkan dengan cerita yaitu Ramayana. Untuk bisa menikmati cerita tersebut, wisatawan bisa memulai eksplorasi candi tersebut dari sisi timur atau tepatnya di kompleks Candi Siwa. Selanjutnya, wisatawan bisa berputar sesuai arah jarum jam. Dari sini, cerita akan dilanjutkan dari bagian sis barat Candi Brahma.

4. Adanya halilintar di puncak candi

Kali ini, Kamu juga akan dibuat takjub dengan adanya sebuah halilintar yang ada di puncak Candi Prambanan. Disebutkan bahwa di candi tersebut ujungnya terdapat sebuah benda yang menyerupai mahkota. Puncak tersebut dikenal dengan sebutan Maskata. Adanya puncak tersebut, selanjutnya dikenal dengan sebutan puncak halilintar atau intan. Sangat unik, bukan?

5. Memiliki 3 zona untuk dieksplorasi

Berbeda dengan beberapa candi pada umumnya, Candi Prambanan dibangun dengan tiga zona untuk bisa Kamu jadikan sebagai referensi wisata di tempat yang sangat bersejarah ini. Untuk zona pertama adalah zona luar, zona kedua yaitu zona tengah dengan ratusan candi kecil. sedangkan zona ketiga berupa zona batin suci atau yang di dalamnya terdapat delapan candi kecil serta delapan candi besar.

Itulah deretan fakta unik yang jarang diketahui oleh masyarakat tentang Candi Prambanan. Untuk itu, pastikan Kamu yang berkunjung ke candi yang dulunya sempat diguncang gempa Yogya tersebut mencoba untuk menjelajahi dan berusaha memahami makna di balik relief yang ada. Cara ini nantinya akan memberikan keuntungan tersendiri atas bertambahnya pengetahuan Kamu seputar sejarah dari Prambanan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *