Ingin Mengunjungi Wisata Pantai Yogyakarta? Simak Keindahan dan Sejarah Pantai Parangtritis Berikut

Salah satu pantai yang amat tersohor di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Wisata pantai Yogyakarta ini menyimpan sejuta keindahan alam yang elok sebagai bukti nyata dari keagungan Tuhan Yang Maha Pencipta. Selain kecantikannya yang mempesona, Pantai Parangtritis juga tersohor sebab legenda mistis yang melekat pada namanya.

Cerita-cerita mistis yang selalu dikaitkan dengan Pantai Parangtritis adalah legenda Nyi Roro Kidul yang dipercaya sebagai penguasa Pantai Selatan ini. Namun, legenda mistis yang melekat pada namanya tidak membuat pantai ini sepi dikunjungi wisatawan. Pantai ini justru menjadi salah satu objek wisata yang mampu mengundang wisatawan asing mancanegara.

Lantas bagaimana sejarah adanya pantai ini? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut.

Sejarah Wisata Pantai Yogyakarta, Pantai Parangtritis

Yogyakarta merupakan tempat yang syarat akan sejarah masa lalu, begitu pula dengan Pantai Parangtritis. Asal mula nama Parangtritis sendiri dari kata parang dan tumaritis. Parang berarti batu, sedangkan tumatiris artinya tetesan air. Oleh sebab itu, Parangtritis berarti batu yang mengeluarkan tetesan air.

Nama Parangtritis ini diambil sebab dahulu kala ada seorang pertapa bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit dan bersemedi di dalam gua yang terletak berbatasan dengan wisata pantai Yogyakarta ini. Dipokusumo melihat ada tetesan air dari bebatuan yang berasal dari muara pantai ini, kemudian ia manamakannya Pantai Parangtritis.

Jika sudah mengenal sejarah nama Parangtritis, Anda tentu tidak asing dengan Nyi Roro Kidul. Bagaimana tidak? Wisata pantai Yogyakarta yang paling luas ini memiliki hubungan erat dengan nama Nyi Roro Kidul. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pantai Parangtritis dan Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai penguasa Pantai Selatan yang memimpin kerajaan laut di sekitar wilayah Pantai Parangtritis. Oleh sebab itu, setiap kali ada kegiatan sakral di Pantai Parangatritis, para sultan harus meminta izin kepada Nyi Roro Kidul.

Pantai Parangtritis dipercaya sebagai gerbang yang menghubungkan dua dunia, yaitu dunia nyata dengan dunia gaib Kerajaan Nyi Roro Kidul. Oleh sebab itu, banyak juga masyarakat yang percaya bahwa pengunjung Pantai Parangtritis tidak boleh memakai baju yang berwarna hijau. Hal ini karena dapat membuat Nyi Roro Kidul tertarik untuk mengambilnya ke kerajaan gaibnya.

Lantas di mana sebenarnya lokasi wisata pantai Yogyakarta yang sangat erat hubungannya dengan Kerajaan Nyi Roro Kidul ini? Berikut ulasan mengenai lokasi dan keindahannya.

Lokasi Pantai Parangtritis dan Keelokannya

Pantai Parangtritis yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini memang memiliki pesona keindahan alam yang sangat indah. Ombak yang sangat besar membuat para peselancar merasa betah berlama-lama di wisata pantai Yogyakarta ini. Selain itu, banyaknya gundukan pasir di sekitar pantai juga menambah sisi unik dan eksotik Pantai Parangtritis.

Keindahan pantai ini dapat Anda nikmati sembari naik kuda yang banyak disewakan di sekitar pantai. Jika tidak dapat menaiki kuda secara langsung, Anda dapat mengajak keluarga untuk naik kereta kuda bersama-sama. Pantai Parangtritis juga menyuguhkan olahan hasil laut yang sangat lezat dan siap menjamu lidah Anda dengan sempurna.

Rute dan Harga Tiket Masuk

Pantai Parangtritis berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Rute menuju ke Pantai Parangtritis dapat Anda tempuh dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 40 km. Mulailah perjalanan dari pusat kota Yogyakarta menuju Jokteng Timur. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Parangtritis dan lurus ke arah selatan sampai di Kecamatan Kretek.

Wisata pantai Yogyakarta yang menyuguhkan pesona keindahan tiada tara ini dapat Anda nikmati hanya dengan merogoh kocek lima ribu rupiah saja. Jumlah ini tentu sangat terjangkau untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh sebab itu, Pantai Parangtritis tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai Parangtritis merupakan bukti nyata kecantikan wisata pantai Yogyakarta. Selain kecantikan alam yang mempesona, Pantai Parangtritis juga menyimpan sejuta kecantikan sejarah yang terjaga sampai sekarang. Oleh karenya tak jarang jika banyak wisatwan mancanegara yang tertarik berkunjung ke wisata pantai Yogyakarta untuk melihat Pantai Parangtritis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *