Deretan Spot Wisata Di Jogja Yang Paling Murah

wisata di Jogja

Wisata di Jogja – Melakukan perjalanan wisata di Jogja menjadi alternatif bagi banyak orang. Ya, selain dikenal sebagai kota yang memiliki sejuta pesona budayanya, Jogja juga populer dengan deretan spot wisata yang menakjubkan. Bahkan kepopulerannya tidak hanya sampai di telinga masyarakat Indonesia saja melainkan sudah didengar oleh wisatawan mancanegara.

Tidak heran, bila Anda berkunjung ke Kota Jogja, Anda akan melihat wisatawan mancanegara yang wara-wiri khususnya di beberapa spot wisata di Jogja. Karena dikenal wisatawan mancanegara, Kota Jogja menawarkan pemandangan dan budaya yang tidak kalah dengan Pulau Bali.

Deretan Spot Wisata Di Jogja Yang Terkenal Murah

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan Indo dan mancanegara memilih kota Jogja untuk liburan karena biayanya yang juga terjangkau. Meski budget yang kita siapkan sangat minim, kita masih bisa merasakan indahnya panorama berbagai macam tempat wisata di Jogja tanpa harus takut kehabisan bekal uang lho. Seperti deretan spot wisata berikut ini yang terkenal murah dan sayang bila tidak kita jadikan sebagai tujuan wisata akhir pekan dan masa liburan.

1. Wisata Kalibiru, Kulon Progo

Kalibiru adalah salah satu tujuan wisata di Jogja yang perlu Anda pertimbangkan. Kalibiru sendiri berada di wilayah Kulon Progo. Tak bisa dipungkiri bahwa wilayah Kulon Progo ikut andil dalam kepopuleran Kota Jogjakarta sebagai surganya tempat wisata. Bahkan, di wilayah ini kita bisa puas menikmati tenggelamnya matahari kala senja tiba.

Karena warga sekitar yang sangat peduli dengan lingkungan sekitar, tidak heran bila Kalibiru menjadi salah satu lokasi ekowisata yang hingga kini terpelihara dengan baik. Di tempat wisata tersebut para pengunjung juga bisa menikmati trecking dengan pemandangan pepohonan hijau. Nah, spot wisata di Jogja ini terbilang murah lho. Terbukti hanya dengan mengeluarkan biaya 3 ribu rupiah saja kita bisa menyegarkan mata dengan melihat panorama Kalibiru.

Tak hanya tiketnya yang terbilang ramah di kantong, di Kalibiru juga masih terdapat spot untuk berswafoto. Misalnya saja platform berukuran kecil yang terbuat dari kayu dan sengaja diletakkan di atas pinus. Untuk sampai di atas dan menikmati platform di atas pinus tersebut, kita terlebih dahulu harus mendaki beberapa tangga yang terbuat dari bambu. Setelah sampai di atas, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Waduk Sermo yang mempesona.

2. Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Tempat wisata di Jogja selanjutnya ialah Pantai Indrayanti. Pantai yang satu ini letaknya berada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti juga menjadi pantai yang sedang naik daun di Kota Jogjakarta selain Pantai Parang Tritis dan Parang Kusumo. Daya tarik Pantai Indrayanti terletak pada keindahan pasir putihnya yang eksotis serta panorama tebing yang sangat indah. Pantai nan cantik ini bisa ditempuh dengan menggunakan motor sewaan. Bila Anda menyewa motor untuk perjalanan wisata dari pusat Kota Jogjakarta, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk tiba di Pantai Indrayanti.

Lantas berapa biaya masuk ke lokasi wisata di Jogja yang satu ini? Jangan khawatir karena untuk bisa menikmati indahnya pasir putih dan pemandangan ombaknya, Anda hanya perlu menyisipkan uang sebesar 10 ribu saja ditambah tiket parkir motor sebesar 4 ribu rupiah. Masih ingin berhemat lagi? Anda bisa membawa bekal sendiri lho dan memakannya setelah sampai di lokasi pantai. Sementara bagi para wisatawan yang tidak membawa bekal sendiri, di pantai ini sudah tersedia banyak warung yang menjajakan beragam makanan.

3. Hutan Pinus Mangunan

Ingin menyegarkan pikiran sambil update foto Instagram? Hutan Pinus Mangunan barangkali bisa jadi pilihan terbaik. Ya, Hutan Pinus Mangunan menjadi destinasi wisata yang murah di Kota Jogjakarta. Jangan khawatir, meski namanya hutan namun saat liburan, tempat wisata di Jogja ini sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya dari kalangan muda-mudi. Wajar saja mengingat tempat wisata murah ini menawarkan spot-spot yang Instagrammable.

Anda bisa berswafoto di beberapa spot yang menarik dengan latar belakang pemandangan pohon-pohon pinus yang berjajar rapi. Mengapa dinamakan wisata murah? Hal tersebut karena kita tidak perlu repot-repot menyiapkan biaya yang lumayan banyak untuk berwisata ke sini. Pasalnya, bila Anda ke sini tidak ada pungutan biaya. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan bermotor sebesar 2 ribu rupiah saja.

Bila Anda beruntung, di sini Anda akan menemukan pasangan-pasangan yang sedang menjalani foto maupun video prewedding lho. Nah, sama halnya dengan wisata sebelumnya, agar lebih hemat Anda tidak perlu membawa kendaraan roda empat ke sini. Anda cukup memanfaatkan penyewaan motor untuk tujuan wisata. Menyewa motor saat melakukan perjalanan wisata di Jogja lebih aman dan hemat.

4. Tebing Breksi

Wisata di Jogja tidak hanya terbatas pada wisata pantai atau wisata bersejarah misalnya Candi Borobudur, Candi Prambanan dan museum saja. Anda bisa memvariasikan tujuan wisata dengan mengunjungi tempat wisata Tebing Breksi. Spot yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Banyak orang yang berkunjung ke sini merasa seperti melihat ngarai Grand Canyon di Amerika Serikat dalam ukuran yang mini.Tidak heran bila banyak wisatawan memberikan nama Tebing Breksi sebagai duplikat Grand Canyon.

Penelitian mengungkap bahwa Tebing Breksi merupakan hasil endapan abu vulkanik di Gunung Api Purba Nglaggeran. Bentuk ukiran yang indah juga merupakan hasil tangan para penambang breksi yang sudah lama dihentikan. Tebing tersebut dikelola dengan baik oleh paguyuban warga setempat. Untuk menikmati pemandangan  indahnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket. Anda hanya perlu menyiapkan biaya parkir motor sebesar 2 ribu dan mobil sebesar 5 ribu rupiah.

Itulah deretan tempat wisata di Jogja yang terkenal murah. Akses untuk menuju lokasi deretan spot di atas juga tidaklah sulit. Anda bisa menyewa motor dengan kisaran harga yang lumayan terjangkau. Dengan menyewa motor saat berwisata ke spot-spot di atas, Anda akan merasakan sensasi perjalanan wisata yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>