Asyiknya Bersepeda Di Jembatan Gantung Selopamioro Imogiri

Sabtu, 15 Maret 2014 daerah Imogiri, Bantul menjadi pilihan bersepeda oleh reSmile Sewa Sepeda Jogja dan beberapa rekan pesepeda. Tepat pukul 06:00 pagi di kantornya Rental Sepeda Jogja reSmile, teman-teman pesepeda  dan mulai mennggenjot sepeda dengan tujuan ke jembatan gantung Selopamioro, di daerah Imogiri, Bantul.

Setelah berangkat dari kantornya reSmile, teman-teman memilih terminal bis Giwangan yang berada di ring-road selatan sebagai lokasi awal perjalanan sambil menunggu beberapa teman. Tidak butuh waktu lama, beberapa teman pesepeda sudah berkumpul di titik pertemuan awal ini. Perjalanan kemudian dilanjutkan melalui Jln. Imogiri Timur sebagai rutenya.

Imogiri #1
Warung Makan Sederhana di Jl. Makam Imogiri, Bantul

Tidak kurang dari 1 jam, kita sudah sampai di Imogiri. Warung Makan Sederhana yang terletak di Jl. Makam Suci Imogiri telah menjadi pemberhentian. Di dalam warung ini ternyata sudah banyak pesepeda yang tengah beristirahat “mengaso” sambil menikmati berbagai jajanan dan minuman. Jadah tempe, teh anget, wedang uwuh, dan kopi hitam menjadi pilihan favorit dari para pesepeda.

Tepat jam 09.00 pagi reSmile Rental Sepeda Jogja dan 4 orang rekan pesepeda melanjutkan kayuhannya kembali. Terdapat dua rute menuju jembatan gantung tersebut. Rute umumnya adalah dari Imogiri lurus ke arah selatan hingga bertemu pertigaan yang terletak di sebelah selatannya SMP N 2 Imogiri (sebelum jembatan siluk)  baru belok kiri. Rute yang diambil oleh teman-teman pesepeda adalah ke arah makam Imogiri kemudian menyusuri jalan yang mengarah ke Kebun Hijau BNI di selatan makam Imogiri dan bukan ke arah siluk, Imogiri. Medan yang dilalui lumayan menanjak, diakhiri dengan turunan dan kemudian sampai di bantaran Kali Oyo.

Imogiri #2
Suasana hijau di sepanjang aliran Kali Oyo

Pemandangan yang terbentang di daerah aliran Kali Oyo sangat menakjubkan, dengan landscape perbukitan yang berada di kanan kiri dari kali beserta sawahnya menambah perasaan kagum, dan takjub yang berseru-seru di benak masing-masing rekan pesepeda. Berfotopun tak terhindarkan dalam mengabadikan momentum tersebut. Berbagai pose dan gaya beserta background bentang alamnya menjadikan nuansa tersendiri untuk diabadikan.

Imogiri #3
Sepeda narsis

Setelah puas mengagumi keindahan di sepanjang daerah aliran Kali Oyo, kayuhan sepedapun dilanjutkan sampai akhirnya kita finish di Jembatan Gantung Selopamioro.

Imogiri 04 (small pict)
Jembatan Gantung Selopamioro, Imogiri, Bantul

Warna kuningnya yang khas membentang melintasi Sungai Oyo yang menghubungkan Desa Selopamioro dengan Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul. Jembatan Gantung Siluk atau yang lebih dikenal dengan Jembatan Selopamioro menjadi landmark dari Kali Oyo dan Imogiri. Selain sebagai sarana penghubung, jembatan ini juga banyak dipergunakan sebagai tempat wisata, body rafting,  dan juga pemubuatan sinetron (FTV).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>