Gudeg Manggar, Gudeg Sang Pendekar

Oleh : Gudegmanggar.com

Gudeg Manggar merupakan hidangan tradisional yang telah lama ada sejak 500      tahun yang lalu di masa kehidupan Ki Ageng Mangir dan Gusti Pembayun serta merupakan makanan khas kesukaan beliau. Makanan ini terbuat dari bunga pohon kelapa (manggar) yang diolah dengan kuah santan, ayam kampung dan bumbu-bumbu resep warisan. Kelangkaan bahan baku berupa manggar yang masih muda, serta kesulitan tersendiri dalam memasak manggar menjadikan Gudeg Manggar ini menjadi sesuatu yang unik, lezat, bercitarasa tinggi dan mewah.

Alkisah para pengikut Ki Ageng Mangir I (Megatsari) telah menjadikan pertanian pohon kelapa sebagai mata pencaharian yang utama. Mereka menciptakan berbagai makanan dan peralatan rumah tangga dari hasil pohon kelapa. Putri Pembayun yang sudah menjadi istri Ki Ageng Mangir Wonoboyo konon menciptakan Gudeg Manggar yaitu makanan dengan bahan baku mayang (bunga kelapa, manggar) yang masih muda.

Dibutuhkan waktu 18 jam untuk mengolah bumbu dan memasak manggar agar tekstur manggar muda yang keras dapat menjadi lembut, tetap berserat dan khas. Gula jawa yang legit, ayam kampung yang lunak dan kuah santan yang gurih bercampur dengan sambal membuat makanan ini sangat lezat.

Pemilihan bahan baku dan bumbu-bumbu yang berkualitas, proses memasak yang unik dengan menggunakan resep warisan turun-temurun menjadi syarat utama untuk menciptakan Gudeg Manggar yang enak. Kelangkaan dan harga bahan baku yang sangat mahal menjadikan makanan ini menjadi istimewa dan mewah.

Dahulunya Gudeg Manggar ini hanya ditemui di kalangan masyarakat Desa Mangir-Mangiran, Bantul, dan hanya disajikan dalam acara-acara tertentu seperti perayaan hari raya agama, pesta keluarga dan acara khusus lainnya. Namun kini sengaja dihadirkan kembali kepada masyarakat luas bukan hanya untuk sekedar melengkapi kenikmatan kuliner nusantara, terlebih lagi untuk mempertahankan warisan spirit, sejarah, nilai-nilai luhur akan tradisi budaya Ki Ageng Mangir dan Desa Mangir itu sendiri.

Anda dapat menikmati Gudeg Manggar di desa mangir, Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta-Indonesia. Atau dapat memesan lansung

“Gudeg Manggar Pembayun” di:

Rumah

Telp

Catatan:Kadipiro Rt 08 Rw 10 No 197 Yogyakarta 55182

:+62274618727/+6281228599568

:Pemesanan dilakukan Minimal H-4 sebelum pengambilan.

Sumber :  http://www.gudegmanggar.com/gudeg-manggar.html

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>