Pantai Watu Lawang Gunungkidul

Pantai Watu Lawang 13 - Watermark

Bibir pantai yang cukup panjang dan diselingi dengan bebatuan karang serta beberapa pohon di bagian belakang dari pantai ini menawarkan suguhan alam yang benar-benar “wow banget”, itulah kesan pertama ketika sampai di tempat ini. Yap, tempat tersebut adalah Pantai Watu Lawang yang merupakan bagian dari gugusan pantai di Gunungkidul dan menurut kami masih sangat perawan. Tanya kenapa? Soalnya pantai ini masih alami, sepi, dan kemungkinan hanya sedikit yang mengunjungi tempat ini.

Pantai Watu Lawang 07 - Watermark

Pantai Watu Lawang terletak di Kecamatan Tepus,  tepatnya berada di sebelah timur Pantai Indrayanti dan pas di sebelah barat Pantai Pok Tunggal, ya dengan kata lain dicepit oleh kedua pantai terkenal tersebut. Untuk menuju pantai ini relatif cukup mudah, dari Pantai Indrayanti tinggal lurus aja ke timur menyusuri akses jalan aspal kemdian dilanjutkan dengan jalan conblock dan cor. Waktu yang ditempuh kurang lebih 5 – 10 menit sudah sampai ke lokasi.

Pantai Watu Lawang - WatermarkAda yang unik dari penamaan Pantai Watu Lawang ini, oleh masyarakat setempat (lokal) pemberian nama tersebut terkait dengan keberadaan sebuah gua yang tepat berada di sebelah barat dari bibir pantai ini. Gua tersebut dalam bahasa Jawa bernama Watu Lawang (watu yang berarti batu dan lawang adalah pintu), yang bisa diartikan sebuah tempat yang memiliki pintu dari batu. Keberadaan Gua Watu Lawang oleh masyarakat setempat dipergunakan untuk upacara adat “Nyadranan”  yang berlangsung pada bulan Sya’ban dengan tujuan meminta berkah kepada yang Maha Kuasa untuk kegiatan pertanian masyarakat.

Pantai Watu Lawang 11 - Watermark

Di pantai ini terdapat beberapa gubug warung yang menyediakan beberapa aneka camilan, makanan, minuman, dan juga toilet. Jadi tidak usah khawatir seandainya di tengah-tengah menikmati indahnya pantai ini tiba-tiba laper, haus, atau mungkin ingin buang air, karena beberapa fasilitas tersebut bisa menjadi solusinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>