Situs Watu Gilang, Bantul

Situs Watu Gilang 02 (small pict)

Menuju arah Gunungkidul atau sebaliknya dari Gunungkidul ke Yogyakarta kita pasti tidak asing dengan Jl. Wonosari, karena memang akses utama yanng menghubungkan kedua tempat tersebut. Ada banyak situs yang tersebar di sekitar Jl. Wonosari antara lain Situs Watu Gilang. Pasti wisatawan jarang sekali mendengar nama situs ini kan?

Situs Watu Gilang 01 (small pict)

Situs Watu Gilang berada di Dusun Gilang, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Untuk menuju situs ini kita bisa menggunakan kendaraan bermotor atau sepeda. Dari Jl. Wonosari km 8 patokannya adalah Pom Bensin yang berada di kiri jalan (kalau dari arah Jogja), diseberang jalan ada jalan masuk ke kanan (arah selatan), jalur tersebut yang kita masuki sampai ketemu Dusun Gilang (+ 1,5 km dari Jl. Wonosari). Situs ini berada di tengah pemukiman warga, sehingga sangat mudah sekali kalau kita bertanya tentang lokasi keberadaan situs ini.

Situs Watu Gilang ini berupa batu monolith berbentuk bujur sangkar. Mengenai fungsi dan dari periode mana pembuatannya masih simpang siur. Tentang kegunaannya, terkait apakah situs ini merupakan tempat semedi ataukah sebuah bangunan dengan fungsi tertentu masih belum ada kejelasannya.

Situs Watu Gilang 03 (small pict)

Disetiap dinding memiliki dua panel relief berbentuk binatang dengan kombinasi ornamen sulur-suluran tanaman. Relief dibagian panel dinding sebelah utara bergambar ikan dan musang; dinding sisi timur bergambar ikan dan sapi; sisi selatan memiliki relief kuda dan burung; serta panel dinding sebelah barat bereliefkan gajah dan kuda terbang. (Nazarudin)

Related posts:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *