Tidak Perlu Takut! Ini Alasan Terbaik Kamu Wajib Mengunjungi Candi Ijo

Berlokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Candi Ijo merupakan sebuah spot wisata terbaik yang menawarkan pesona alam sangat mengagumkan. Berada di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut, situs sejarah yang satu ini bisa ditempuh dengan perjalanan yang cukup menanjak dan menghabiskan waktu setidaknya 2 jam. Sekalipun demikian, hal ini tidak menyurutkan niat wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di lokasi ini.

Perjalanan yang sangat melelahkan dan butuh perjuangan ini akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan kota Yogyakarta yang bisa Kamu lihat dari ketinggian tertentu. Terkait dengan asal mula nama Candi Ijo tersebut berasal dari nama desa zaman dahulu yaitu Desa Ijo. Menariknya, nama Desa Ijo itupun juga disebutkan dalam sebuah prasasti Poh yang dibuat pada tahun 906 masehi. Merujuk pada prasasti tersebut, maka bisa diperkirakan jika Desa Ijo tersebut telah berusia 1113 tahun per 2019.

Mengulik tentang sejarah dari Candi Ijo itu, disebutkan bahwa candi ini untuk pertama kali ditemukan oleh sosok HE Doorepaal pada tahun 1886. Selanjutnya, ditemukan beberapa candi lain oleh beberapa pihak termasuk diantaranya adalah CA Rosemeler dan juga Dr J Groneman. Semua penemuan tersebut menjadi cikal bakal berdirinya candi yang bercorak Hindu tersebut. Hal menarik dari candi ini adalah lokasinya yang ada di puncak bukit hingga mengundang tanya bagi kalangan arkeolog.

Lantas, alasan apa yang membuat Kamu harus singgah di Candi Ijo?

Banyak alasan mengapa liburan kali ini patut Kamu gunakan untuk singgah di Candi Ijo. Sekalipun menurut para ilmuan ada sebuah prasasti yang berisi kutukan zaman dahulu yang sangat mengerikan, Kamu tidak perlu takut dan pastikan hanya mengambil sisi positifnya saja. Terlepas dari adanya kutukan tersebut, ternyata banyak alasan yang menjadikan tempat ini sebagai bagian dari destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi.

1. Adalah candi yang tertinggi di Jogja

Salah satu alasan mengapa Kamu harus mengunjungi Candi Ijo di kala libur panjang atau di akhir pekan adalah adanya fakta bahwa candi ini merupakan candi yang paling tinggi di wilayah Jogja. Bahkan, ketinggian candi tersebut melebihi candi Ratu Boko. Tidak mengherankan jika kemudian candi ini menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan Yogyakarta sekaligus menikmati indahnya matahari pagi dan sore yang sangat mempesona.

2. Biaya masuk gratis

Jika mendengar kata gratis, pastinya langsung bersemangat. Sama halnya dengan Candi Ijo yang sama sekali tidak mematok uang sepeserpun untuk tiket masuk. Tentu saja yang demikian ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi wisata akhir pekan. Terlebih lagi dengan pemandangannya sangat indah dan mempesona dari ketinggian tertentu. Jadi, kini Kamu tidak perlu khawatir mencari destinasi wisata gratis selama di Desa Sambirejo.

3. Sekalian bisa singgah ke tebing breksi

Selain menawarkan pemandangan yang sangat mengagumkan, siapa sangka jika lokasi Candi Ijo ini sangat berdekatan dengan tebing breksi. Hanya membutuhkan setidaknya 1km saja, Kamu sudah tiba di kawasan wisata yang menawarkan relief wayang yang sangat menakjubkan dengan pemandangan luas tanpa batas berupa kota Yogyakarta.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Kamu untuk tidak singgah di Candi Ijo yang konon sarat akan kutukan mengerikan. Akan tetapi, jangan khawatir sebab kutukan tersebut tidak akan memberikan dampak negative bagi semua orang selama bertindak tanduk sopan di kawasan wisata tersebut. Dengan berkunjung ke lokasi tersebut, Kamu juga berkesempatan untuk menikmati pemandangan kota Yogya, melihat sunset atau sunrise dan pastinya semua ini gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *