Kunjungi 3 Destinasi Wisata Alam Jogja dengan Sewa Motor Jogja

Sewa motor Jogja

Sewa motor Jogja – Yogyakarta, Kota eksotis yang membawa kesan tersendiri bagi orang-orang yang pernah mengunjunginya. Berlibur ke Yogyakarta bersama pasangan, akan semakin romantis bila menggunakan sewa motor Jogja untuk berpergian mengunjungi tempat-tempat wisata yang sedang hits.

Lalu apa saja destinasi wisata di Yogyakarta yang dapat dikunjungi bersama pasangan dengan mengendarai sewa motor Jogja? Dan tentunya mewakili keeksotisan alam Yogyakarta.

Sewa Motor Jogja Menuju Wana Tirta

Sebelumnya Kulonprogo diabaikan wisatawan yang berwisata ke Yogyakarta. Wisatawan umumnya lebih memilih mengunjungi Bantul, Gunung Kidul dan Sleman. Padahal, spot-spot wisata menarik dan Instagramable juga dapat ditemukan di Kulonprogo. Salah satu tempat wisata yang mulai hits ialah Wana Tirta Hutan Mangrove. Gunakan sewa motor Jogja untuk pergi ke Kecamatan Temon, Kulonprogo, Jangkaran kawasan Pasir Mendit. Wana Tirta berada di pesisir arah Selatan Kulonprogo.

Kulonprogo – Yogyakarta memang juga mempunyai destinasi wisata hutan yang tidak kalah indahnya dibanding tempat wisata lain, salah satunya yaitu hutan mangrove yang diberi nama Wana Tirta. Hutan mangrove yang berada pinggiran Sungai Bogowonto merupakan salah satu sudut paling menarik karena adanya ‘jembatan api-api’.

Sejak dulu tempat ini adalah ekosistem mangrove di Yogyakarta, tetapi Wana Tirta pernah mengalami kerusakan parah karena penebangan liar. Mengingat tentang pentingnya keberadaan hutan mangrove yang menjadi benteng penjaga bagi pesisir pantai dari serangan abrasi laut, maka sekelompok orang berinisiatif menghijaukan kembali Hutan Mangrove ini. Mereka mulai menanam beragam jenis mangrove.

Sekarang hasil usaha keras kelompok pecinta lingkungan tersebut mulai terlihat, dan pohon mangrove tampak rimbun berderet-deret. Di beberapa titik pohon Mangrove begitu rimbun hingga membentuk lorong yang dapat dijadikan wahana trecking. Agar kawasan ini semakin cantik, ada pula saung-saung, jembatan bambu, dan aneka hiasan yang menarik dan dapat digunakan sebagai background foto saat selfie atau wefie.

Wisatawan juga bisa menyusuri jalanan setapak berbahan kayu di antara rimbun pepohonan. Pada beberapa sudutnya juga terdapat ayunan. Kawasan yang dulu terbengkalai ini telah berubah menjadi salah satu tempat wisata indah dan menarik serta wajib dikunjungi jika menginjakan kaki ke Yogyakarta. Saat berkunjung ke Wana Tirta, wisatawan juga bisa merasakan sensasi menaiki perahu untuk menyusuri Sungai Bogowonto sampai ke dekat muara. Dengan menaiki perahu, pemandangan berbeda bisa didapatkan.

Sewa Motor Jogja Menuju Pantai Drini

Pantai ini merupakan pantai yang lumayan terkenal di daerah Gunung Kidul. Gunakan sewa motor Jogja untuk pergi ke Gunung Kidul, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Pantai Drini berada di arah timurnya Pantai Baron serta Pantai Sepanjang. Pantai Drini mempunyai pemandangan alam menarik berhiaskan bukit-bukit hijau, air laut yang biru dan pasirnya yang berwarna putih. Ciri khas Pantai ini ialah terdapat pulau kecil di selatan pantai. Pulau tersebut dinamakan Pulau Drini dan tidak jauh dari pantai. Selain itu, wisatawan bisa mengunjungi pulau tersebut.

Pantai Drini diapit dua bukit yakni sebelah barat dan timur sehingga yang menjadikan pemandangan makin menarik. Gazebo-gazebo tertata rapi di pinggir pantai, begitu pula dengan perahu-perahu yang terparkir milik nelayan. Wisatawan dapat pula menikmati keindahan Pantai ini dari puncak bukit sebelah timur. Di bukit tersebut tersedia beberapa gubuk bagi pengunjung yang hendak beristirahat menikmati pemandangan.

Kebanyakan pengunjung beranggapan bahwa spot terbaik bila ingin menikmati pemandangan ialah dari puncak bukit tersebut. Selain itu, bermain air di Pantai Drini cukup nyaman karena air lautnya cukup tenang dan cukup aman. untuk bermain air atau mandi di pantai. Fasilitas umum juga cukup memadai bila berwisata ke Pantai Drini karena telah tersedia kamar mandi, tempat parkir, tempat kuliner dan sebagainya.

Untuk mengunjungi Pantai Drini mengendarai sewa motor Jogja, kita harus melakukan perjalanan sekitar 60 km dari pusat Kota Yogyakarta. Akses jalan umum menuju Pantai Drini sudah lumayan baik, walau jalan yang akan dilalui agak berkelok-kelok. Akan tetapi pemandangan indah yang terhampar di sepanjang perjalanan tentunya akan membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Sewa Motor Jogja Menuju Mangunan Hutan Pinus

Destinasi wisata yang satu ini juga sedang hits dikalangan traveler. Sebelum masuk dalam daftar destinasi wisata, Hutan Pinus ini dulunya hanya lahan hutan yang tandus akibat dari eksploitasi kayu secara besar-besaran. Atas kesadaran pemerintah dan warga setempat, hutan tandus tersebut direboisasi. Kini pohon pinus, aksia, mahoni, kayu putih dan kemiri menjadi penghuni besar di hutan ini. Lahan seluas kurang lebih 500 Ha tersebut, sekarang menjelma menjadi destinasi wisata yang menarik para wisatawan terutama di bagian yang banyak ditanami pinus.

Pengelolaan destinasi wisata hutan ini terbilang cukup baik karena banyak fasilitas tersedia, diantaranya gardu pandang, kamar mandi, panggung untuk pertunjukan yang bersatu dengan alam, mushola, dan tempat makan. Para penghobi fotografi disarankan jangan melewatkan destinasi wisata ini karena Mangunan Hutan Pinus merupakan salah satu spot hunting ‘jepretan’ terbaik di Yogyakarta. Hasil foto prewedding juga akan memukau bila sesi pemotretan dilakukan di sini.

Apabila tertarik mengunjungi hutan ini lokasinya cukup mudah ditemukan karena berada di area Resort. Untuk mengunjungi Mangunan Hutan Pinus ini dapat mengendarai sewa motor Jogja, kemudian melaju ke Bantul, Kecamatan Dlingo, Desa Mangunan. Dari pusat kota Yogyakarta, ambil arah menuju Imogiri Timur. Kemudian lurus hingga sampai di pertigaan Imogiri, lalu belok kiri (menuju pemakaman Raja Imogiri). Setelah itu, terdapat pertigaan lagi lalu berbelok ke kanan yakni arah Mangunan. Selanjutnya, di pertigaan lagi berbelok ke kiri menuju hutan pinus.

Apabila mengendarai sewa motor Jogja dari pusat Yogyakarta menuju Mangunan Hutan Pinus, kita hanya perlu menempuh jarak perjalanan sekitar 24 km. Di sepanjang perjalanan menuju hutan pinus, masuk arah perbukitan, pengunjung akan disuguhi panorama alam yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>